Senin, 16 Desember 2013

Contoh Proposal Usaha

PROPOSAL USAHA


Disusun untuk memenuhi tugas Mata Pelajaran Kewirausahaan
Yang diampu oleh H.M. Sudiyono, S.Pd. M.Pd.




Disusun oleh :

KELOMPOK 10

Arian Siswanto
Muh. Ihsan
M. Syukur H


SMK CORDOVA MARGOYOSO – PATI


Tahun Pelajaran 2013 / 2014
                                                              


                                                               KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Allah SWT atas segala rahmat dan karunia-Nya yang telah di limpahkan kepada kami, sehingga kami dapat menyelesaikan proposal ini. Proposal usaha ini yang berjudul bernama “Mission Comp” ini disusun untuk mencari investasi kepada para investor
Penyusunan proposal ini berdasarkan kemampuan dan keadaan yang ada, sehingga menyebabkan keterbatasan dalam penyusunanya. Oleh karena itu, kami mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari pembaca demi kesempurnaan proposal ini untuk kedepan. Dan semoga proposal ini bisa berguna bagi penulis khususnya dan para pembaca umumnya.


Pati, 17 November 2013
Penulis


DAFTAR ISI

       Halaman Judul
       Kata Pengantar .............................................................................................. ...... 1
       Daftar Isi .............................................................................................................. 2
BAB   I.
1.1    Latar Belakang Perusahaan....................................................................... 3
1.2    Visi dan Misi ............................................................................................ 4
1.3    Managemen............................................................................................... 4

BAB II.
2.1    Deskripsi Produk Barang dan Jasa..................................................... ...... 5
2.2    Rencana Harga................................................................................... ...... 5

BAB III.
3.1    Strategi dan Proyeksi Pemasaran ...................................................... ...... 6
3.2    Proyeksi Pemasaran................................................................................... 6
3.3    Proyeksi Kebutuhan Investas.................................................................... 6
3.4    Proyeksi Finansial...................................................................................... 7
3.5    Pendanaan dan Kerjasama......................................................................... 7

BAB IV.
4.1  Penutup .............................................................................................. ...... 8



BAB I

1.1              Latar Belakang Perusahaan
Perusahaan Mission Comp ini berdiri atas kerjasama serta keinginan penulis agar dapat mempermudahkan masyarakat untuk melakukan kewajiban membayar listrik tanpa mengganggu aktivitas. Dengan berdirinya perusahaan ini masyarakat tidak perlu lagi membayar listrik langsung ke kecamatan yang menjadi pusat pembayaran bagi desa kami. Oleh karena itu, perlu dilakukan promosi agar perusahaan ini dapat diterima dan menjadi sarana pokok yang mudah di jangkau. Karena pembayaran listrik bisa dilakukan setelah aktivitas pekerjaan selesai. Perusahaan ini juga membuka percetakan dalam segi minimalisasi. Dari para anak – anak di desa ini sebagian besar masih sekolah, maka percetakan ini dapat membantu penyelasaian tugas disekolahan yang mengandung tentang penggunaan komputer dan komponen printer, dan juga sarana internet sederhana bagi anak. Selain itu, masyarakat juga bisa mencetak undangan baik khitanan maupun pernikahan di perusahaan ini, karena dari analisa penulis belum ada perusahaan percetakan, kecuali hanya satu loket pembayaran listrik di desa ini.
Mission Comp didirikan untuk mempermudahkan masyarakat dalam pembayaran listrik yang merupakan wajib dikenakan bagi masyarakat yang mempunyai meteran listrik. Dan juga untuk mempermudahkan generasi anak dalam penyelesaiaan pekerjaan sekolahnya, juga masyarakat yang hendak memiliki hajatan dapat membuat undangan yang membutuhkan alat moderenisasi komputer.
Alasan pentingnya Pendirian Mission Comp :
·         Pengelolaan yang lebih profesional.
·         Etos kerjasama yang lebih baik.
·         Fleksibilitas dalam menjalin kerjasama dengan instansi lain.
·         Perawatan aset yang lebih baik.
·         Profitable.
·         Cakupan bidang usaha lebih luas.
Berdirinya perusahaan ini juga memiliki manfaat sosial bagi masyarakat sekitar diantaranya:
·         Memperkenalkan mudahnya beraktivitas dengan teknologi.
·         Memuaskan pelanggan akan pelayanan.

1.2              Visi dan Misi
Mission Comp terus berkembang dengan visi sebagai kebutuhan manusia dan mengemban misi mencerdaskan kehidupan bangsa sebagai Digital Teknologi yang memberikan kepuasan masyarakat sekitar serta menyajikan pelayanan bermutu.

1.3              Managemen
Komponen organisasional yang akan diterapkan adalah :
·         Satu orang Direktur Utama dan Administrasi dan Keuangan, bertanggung jawab atas kelancaran keseluruhan proses produksi dan pemasaran, menciptakan sistem produksi dan pemasaran, melakukan negosiasi bisnis, mencari investor, dan menetapkan kebijakan-kebijakan yang berhubungan dengan pengembangan perusahaan. Pimpinan produksi mendapatkan gaji tetap sebesar 75% dari hasil. Juga  mencatat transaksi dan dokumentasi, serta melakukan analisis keuangan. Administrasi & Keuangan mendapatkan bayaran sebesar 25% bulan.
·         Satu orang Manajer Pemasaran, bertanggung jawab dalam kelancaran distribusi  jasa, perluasan pasar, merumuskan sistem pasar, dan mampu menangani segala keluhan pelanggan.


BAB II

2.1              Deskripsi Produk Barang dan Jasa
Saat ini dunia usaha seperti ini masih sangat jarang dalam lingkungan di desa ini. Oleh karena itu, kami berminat memasuki dunia kerja seperti ini untuk mengapresasikan kemampuan kami di dalam dunia maya juga desain.
Saat ini Mission Comp sangatlah berperan penting dalam kehidupan masyarakat, diantaranya sebagai tempat jasa layanan pembayaran listrik prabayar maupun pasca bayar, dan sebagai pembuatan undangan dalam berbagai bentuk, misal pernikahan, khitanan, maupun ulang tahun. Dengan belum maraknya usaha seperti ini di desa ini memberikan kesempatan kami untuk memberikan dan berusaha memperlakukan dengan semangat kerja tinggi.

2.2              Rencana Harga
Pada pembayaran listrik harga yang harus dikeluarkan mengacu pada ketentuan yang sudah tercantum dalam pengukuran pihak PLN, hanya saja sebagai penyalur. Sedangkan harga untuk percetakan sederhana, sebagai berikut :
NB:harga bisa berubah sewaktu-waktu sesuai rencana. 


BAB III

3.1              Strategi dan Proyeksi Pemasaran
 Sebelum menjalankan dan mengelola perusahaan setidaknya mendapatkan informasi akan kebutuhan masyarakat. Mensosialisasikan pentingnya pajak listrik bagi masyarakat, memberikan harga. Undian kupon berhadiah apabila membayar listrik disini berturut-turut selama lima kali dengan nilai sebesar Rp 15.000,00 merupakan bagian strategi.

3.2              Proyeksi Pemasaran
Proyeksi pemasaran kami susun berdasarkan informasi yang akurat, sehingga proyeksi yang dicantumkan merupakan target yang rasional untuk dicapai pengelola.

3.3              Proyeksi Kebutuhan Investasi
Kebutuhan investasi berasal dari semua aset yang dikelola oleh manajemen Mission Comp. Total biaya kebutuhan investasi tertera dalam tabel berikut ini
Kebutuhan investasi yang di butuhkan keseluruhan berjumlah Rp 4.950.000,00 dengan anggaran Rp 5.000.000,00.

3.4              Proyeksi Finansial
Laba dihitung dari selisih omset satu tahun dikurangi biaya produksi selama setahun. Profit investasi didapatkan dari laba dikurangi laba ditahan (20% dari laba), yang meliputi: penelitian dan pengembangan usaha (10%) dan bonus karyawan (10%).

3.5              Pendanaan dan Kerjasama
Total modal awal yang dibutuhkan untuk usaha ini adalah Rp 4.950.000,00 ­dengan anggaran investasi sebesar Rp 5.000.000,00.
Kami mengharapkan dana tersebut diperoleh dari : Lembaga Teknologi Informatika dan multimedia,Para Investor yang mendukung Budaya bagi masyarakat,dari Pemerintah daerah,dan sebagainya.


BAB IV

4.1              Penutup
Demikian proposal ini kami susun untuk dipergunakan sebagaimana mestinya.  Dokumen dalam proposal disusun bagi lembaga – lembaga masyarakat yang kami maksudkan untuk menerima proposal ini. Kami harapkan kerjasama ini bisa mendorong kecintaan masyarakat terhadap sumber daya teknologi maupun digital yang sudah menjadi acuan. Sehingga dapat memenuhi kepuasan masyarakat.
Diharapkan permasalahan dalam memfasilitas kebutuhan sarana kepuasan bagi masyarakat desa Jepalo kecamatan Gunungwungkal kabupaten Pati khususnya juga bagi masyarakat sekitar umunya dapat teratasi dengan Usaha di bidang Mission Comp ini. Untuk itu kami mohon bantuan dari pihak yang berwenang agar pendirian uasaha ini dapat terlaksana dengan baik . Atas perhatian dan kerjasamanya, kami ucapkan terima kasih.

Gunungwungkal, 17 November 2013








Tidak ada komentar:

Posting Komentar